. Berikut cara cara untuk mengatasi... | BERITA INDONESIA VIRAL

Berikut cara cara untuk mengatasi...



Berikut cara cara untuk mengatasi...




  • Hindari zat yang dapat menyebabkan sulit tidur

 Zat-zat tertentu dapat membuat kondisi sulit tidur semakin buruk, jadi jika Anda menderita insomnia akut atau kronis, langkah pertama adalah menghindari zat-zat ini. Zat berefek stimulan seperti kafein dan nikotin adalah penyebab yang paling buruk yang harus Ana dihindari minimal 8 jam sebelum tidur. Beberapa obat juga dapat memicu kasus insomniam, terutama obat demam dan alergi.

  • Rutinitas sebelum tidur


Carilah kegiatan yang bisa membantu Anda untuk bersantai, dan melakukan ini secara konsisten sebelum tidur. Misalnya, Anda dapat  membaca buku atau mandi. Namun hindari kegiatan yang merangsang otak, seperti menonton televisi atau beraktifitas dengan komputer. Cahaya terang dari layar perangkat ini benar-benar bisa  mengubah ritme sirkadian Anda, yaitu yang mengontrol siklus tidur dn bangun Anda sehingga sulit untuk tertidur.



  • Melakukan kegiatan relaksasi

Kegiatan tertentu, seperti meditasi, yoga, dan relaksasi otot progresif bisa menyebabkan tubuh Anda bisa rileks secara alami. Cobalah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut satu jam atau lebih sebelum tidur. Relaksasi otot progresif bisa sangat efektif dan sederhana. Berbaringlah di lantai atau di tempat tidur Anda. Menegangkan setiap kelompok otot dalam tubuh Anda, yang dimulai dari kaki Anda sampai ke atas kepala Anda. Tahan setiap kelompok otot menegang selama 10 detik sebelum bersantai dan beralih ke kelompok otot berikutnya.



  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur


Jika Anda merasa sulit untuk memperoleh kenyamanan di tempat tidur pada malam hari, maka gunakanlah tempat tidur hanya untuk tidur. Jangan membaca, menonton televisi, atau melakukan hal lain di tempat tidur Anda. Dengan demikian Anda dapat memberikan otak dan tubuh Anda sinyal langsung pada saat waktu tidur. Cara ini mungkin akan memerlukan waktu, tapi ini bisa menjadi obat insomnia jangka panjang.

  • Hindari tidur di siang siang hari.
Untuk menyembuhkan insomnia Anda, maka Anda akan perlu untuk menghindari tidur disiang hari. Tidur di siang hari akan membuat lebih sulit untuk tidur di malam hari. Jika Anda harus tidur siang, batasi hanya untuk 30 menit da sebelum pukul 14:00.

  • Hindari olahraga sebelum tidur.
Berolahraga adalah membangun adrenalin. Hasilnya, olahraga intens yang dilakukan di malam hari benar-benar bisa membuat lebih sulit untuk tidur. Olahraga bisa meningkatkan kemampuan untuk tidur jika dilakukan pada hari sebelumnya pada pagi atau sore hari.

  • Menghindari makan atau camilan pada saat tengah malam.
Makan satu atau dua jam sebelum tidur bisa benar-benar membuat lebih sulit untuk tidur. Makanan berat yang banyak kalori sangat buruk untuk insomnia karena sistem pencernaan dan tubuh harus bekerja lebih keras untuk memproses makanan saat Anda tidur. Jika Anda merasa terlalu lapar, cobalah minum segelas air putih atau susu hangat, bukan camilan. Cairan ini dapat membantu mengisi perut kosong Anda tanpa menyebabkan masalah tidur lebih lanjut.





0 Response to "Berikut cara cara untuk mengatasi..."

Posting Komentar