. Ramadhan Adalah Bulan Madrasah Untuk Meningkatkan.. | BERITA INDONESIA VIRAL

Ramadhan Adalah Bulan Madrasah Untuk Meningkatkan..



Ramadhan Adalah Bulan Madrasah Untuk Meningkatkan..
Salah satu predikat atau sebutan yang melekat pada bulan suci Ramadhan adalah bulan Madrasah (syahrul madrasah) atau bulan pendidikan (syahrut tarbiyyah), yaitu pendidikan yang diajarkan langsung oleh Allah SWT kepada orang-orang beriman yang dicintai-Nya. 

Pendidikan yang memadukan dan menyatukan antara teori dan praktik juga pengalaman, serta memadukan hati, pikiran, emosi, perasaan dengan jasmani. Subhaanaallahu, sangat luar biasa Madrasah Ilahiyyah. Siang hari selama satu bulan penuh, orang yang berpuasa dididik mengendalikan diri untuk tidak makan, tidak minum, bahkan dididik untuk tidak mengucapkan kata-kata kotor yang tidak ada manfaatnya, kata-kata kasar berisikan penghinaan dan pertentangan.

Dalam sebuah hadis riwayat Ibn Khuzaimah, Ibn Hibban dan Hakim, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah shaum itu sekadar tidak makan dan tidak minum, akan tetapi shaum itu adalah mengendalikan diri dari ucapan kotor dan perbuatan yang tidak ada manfaatnya. Apabila seseorang memarahi engkau tanpa sebab yang engkau ketahui, katakanlah kepadanya, 'Saya sedang berpuasa'."

Malam hari, orang-orang yang berpuasa pun dididik untuk membiasakan shalat berjamaah dan Qiyaamul Lail serta melakukan tadarus Alquran (membaca Alquran disertai upaya mentadaburinya) agar Alquran sebagai pedoman hidup masuk ke relung batin, masuk ke struktur rohani dan pikiran, sehingga seluruh tingkah lakunya disesuaikan dengan Alquran.

Madrasah Ramadhan pun mengajarkan kecintaan kepada sesama, membangun kebersamaan, menguatkan ukhuwah dan silaturahim, sehingga terbangun suasana yang kondusif untuk menguatkan persatuan dan kesatuan serta kerja sama saling taawun untuk saling memberi dan menerima.

Madrasah Ramadhan pun mengajarkan penguatan fungsi dan peran keluarga, sebagai institusi pendidikan pertama bagi anak-anak dengan orang tua sebagai guru dan murabbi-nya, yang selain mendidik dan memberi tahu sekaligus memberi contoh dan teladan.

Sungguh indah madrasah Ramadhan ini, mari kita masuk ke dalamnya dengan penuh kesungguhan dan suka cita, agar kelak setelah Ramadhan, kita akan menjadi alumni yang berprestasi dan sukses dalam menata kehidupan, baik pribadi, keluarga, maupun masyarakat dan bangsa. Insya Allah.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Baqarah [2] ayat 183: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."  Wallahu a'lam bi ash-shawab

0 Response to "Ramadhan Adalah Bulan Madrasah Untuk Meningkatkan.."

Posting Komentar